Begini Cara Memilih Ikan yang Tidak Tercemar untuk Dikonsumsi

Minggu, 14 Mei 2017 - 13:57 WIB
Begini Cara Memilih Ikan yang Tidak Tercemar untuk Dikonsumsi
Begini Cara Memilih Ikan yang Tidak Tercemar untuk Dikonsumsi
A A A
JAKARTA - Banyaknya kabar negatif mengenai kualitas ikan di Indonesia yang kurang baik menjadi salah satu penyebab minimnya konsumsi ikan di Tanah Air. Banyak orang jadi takut makan ikan karena beredarnya kabar bahwa ikan di Indonesia tercemar polusi sehingga bisa mengganggu kesehatan jika dimakan.

Kabar ini dibantah dr Joko Marjono. Saat menjadi pembicara di talkshow yang digelar di sela acara One Family Day yang digelar Koran Sindo dan Sindonews yang bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dr Joko mengatakan, pemerintah terus melakukan penertiban.

"Kalau katanya ikan kita tercemar itu gosip. Penertiban itu sedang kita lakukan terus lalu konsumen juga harus bisa memilih ikan dengan bijak, mana ikan yang sehat dan tidak tercemar sehingga aman untuk dimakan langsung," ujar dia.

Lantas seperti apa ciri ikan yang tidak tercemar dan bisa dikonsumsi? Menurut dr Joko, ikan yang tidak tercemar itu dagingnya biasanya membal teksturnya, kemudian matanya bening, insangnya merah, lalu yang paling penting itu dihinggapi lalat.

“Kalau tidak dihinggapi lalat berarti ikan itu berpengawet. Itu tipsnya memilih ikan,” kata dia.

Sementara itu, dr Joko juga mengatakan, mengonsumi ikan tidak melulu harus memasaknya terlebih dahulu. Jika mau, orang Indonesia pun bisa menyantap ikan dalam kondisi mentah seperti yang dilakukan orang Jepang.

"Ya seperti orang Jepang saja, makan ikan mentah itu bagus. Tapi kebiasaan makan ikan mentah memang di (masyarakat) kita itu belum terbiasa ya. Kalau ikan diolah, dimasak berjam-jam itu kan menghabiskan gas berapa coba? Kalau bisa dimakan mentah kan enak dan lebih hemat," ucap dr Joko.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6693 seconds (0.1#10.140)